DIB Tetapkan 4 Tokoh Bakal Capres dalam Pilpres 2009

M. Rizal Maslan – detikPemilu

Jakarta – Dewan Integritas Bangsa (DIB) menetapkan empat tokoh yang cocok dan memenuhi syarat sebagai calon presiden (Capres) untuk bertarung dengan capres yang sudah ada saat ini.

Keempat tokoh itu, Bambang Sulistomo, Marwah Daud Ibrahim, Rizal Ramli dan Yuddy Chrisnandi.

Penetapan empat tokoh bakal capres ini disampaikan Tim 45 Dewan Integritas Bangsa (DIB) yang dipimpin Salahuddin Wahid di Gedung Juang 1945, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Selasa (31/3/2009).

Pengumuman hasil konvensi capres 2009 yang dilakukan DIB juga dihadiri keempat tokoh tersebut.

“Keempat peserta konvensi, Bambang Sulistomo, Marwah Daud Ibrahim, Rizal Ramli dan Yuddy Chrisnandi, memenuhi persyaratan sebagai capres berdasarkan penilaian konvensi dengan nilai lebih tinggi dari batas kelayakan yang ditetapkan,” kata Penanggungjawab konvensi yang juga Sekretaris DIB, Pedeta Natan Setiabudi.

Menurut Natan, keempat tokoh ini telah mengikuti konvensi di 8 kota seperti Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Makassar, Pontianak dan Jakarta. Roadshow para peserta konvensi ini dimulai sejak 10 Januari hingga 7 Maret 2009.

“Tim 45 DIB melakukan rapat pada tanggal 10 Maret 2009 dan hari Senin (23/3/2009) telah mengambil keputusan dan menetapkan hasil konvensi ini,” ungkapnya.

Konvensi Capres 2009 DIB ini, lanjut Natan, dimaksudkan mengubah praktek pemilu yang selama ini berdasarkan pada konsep election, yaitu yang berorientasi pada perolehan suara dan keterpilihan capres. Konsep selama ini rentan terhadap politik uang dan sumber pokok pembusukan bangsa dan negara, serta tidak memberikan kesempatan tokoh lain untuk tampil.

Oleh karenanya, DIB mengembangkan konsep selection, yang berorientasi pada kualitas dan kelayakan capres, yang lebih kebal pada politik uang.

“Juga memfasilitasi proses pembelajaran politik bagi semua pihak, termasuk DIB guna menyehatkan budaya politik dan perbaikan sistem pemilu,” kata Natan.

Natan menambahkan, konvensi berdasarkan konsep selection ini menggunakan format Visi Strategis Indonesia 2009-2014. Keempat tokoh ini selama roadshow di kedelapan daerah ini menjalani tanya jawab kritis dengan para ahli berbagai bidang, berbagai lapisan masyarakat.

Dijelaskan Natan, keempat tokoh telah mengikuti konvensi dengan baik, setiap kandidat memperlihatkan tanggapan yang lincah, solid dan komprehensif. Interaksi delapan kali ini melatih mereka memformulasikan jawaban operasional atas berbagai persoalan bangsa.

“Dengan ini kami persembahkan keempat putera terbaik bangsa, yang telah sempat kami uji kepada masyarakat dan sejumlah parpol untuk ikut berdemokrasi bersama putera-putera terbaik bangsa ini dalam Pilpres mendatang,” ujar Natan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: