Praktik Oligarki Politik Semakin Akut

diskusi dan bedah buku

JAKARTA,20/11 – DISKUSI DAN BEDAH BUKU. Anggota DPR RI A Malik Haramain (2 kiri) bersama penulis buku Irvan Mawardi (kiri), pengamat politik Audy Wuisang (2 kanan) dan Direktur Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti (kanan) berbicara tentang prediksi pemilu tahun 2014 di tengah sistem oligarki dalam diskusi dan bedah buku yang bertajuk ” Pemilu Dalam Cengkraman Oligarki” di Jakarta, Minggu, (20/11). Diskusi dan bedah buku karya Irvan Mawradi ini membahas tentang potret hasil advokasi pilkada dan pemilu 2005 -2010 yang memberikan gambaran carut marut pemilu dan pilkada yang berlangsung dalam sistem oligarki dan beberapa solusi untuk memperbaiki kualitas demokrasi di pemilu mendatang. FOTO ANTARA/Teresia May/ss/pd/1

JAKARTA–MICOM: Praktik oligarki politik saat ini dinilai semakin akut. Hal itu terlihat nyata, diantaranya dalam pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) di DPR.

Ngototnya partai-partai besar pada sejumlah poin krusial dalam pembahasan RUU Pemilu, menunjukkan partai-partai yang berkuasa saat ini berupaya mempertahankan dan memperluas kekuasaan mereka.

Peluang partai menengah dan partai-partai baru untuk masuk ke parlemen pun ditutup.

Penilaian itu terangkum dalam buku Pemilu dalam Cengkraman Oligarki, karya Irvan Mawardi, yang dipaparkan dalam Diskusi dan Bedah Buku di Jakarta, Minggu (20/11).

“Dalam pembahasan RUU Pemilu fokusnya pada besaran ambang batas parlemen, sistem pemilihan tertutup, mengurangi alokasi kursi per daerah permilihan. Pembicaraannya memperluas kekuasaan, ini bagian dari strategi partai besar untuk memperluas kekuasannya,” ujar Irvan Mawardi, mantan peneliti di Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) ini. (OL-11)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: